Close

Kecerdasan Sosial: 3 Cara Mudah Meningkatkan Karir dan Bisnis Anda

Banyak figur-figur yang sukses dalam karir, mulai dari para CEO, professional, politikus, public figure dan bisnis owner. Ternyata ada kunci utama yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan karir seseorang, yaitu dengan memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif dan produktif.

Semua orang bisa berkomunikasi namun tidak semua orang tahu bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dan produktif pada pendengarnya. Banyak orang hanya berfokus pada apa isi yang ingin disampaikan, namun tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya.

Banyak cara untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Berikut saya beberkan beberapa cara yang bisa mengasah kemampuan berkomunikasi kita:

  1. Perhatikan intonasi dan nada yang kita gunakan saat berkomunikasi

kata-kata yang sama, namun disuarakan dengan intonasi dan nada yang berbeda menciptakan kesan yang berbeda. Contoh:

mau makan di sini.

mau makan di sini? 

mau makan di sini!

Silahkan anda baca dengan intonasi dan nada versi anda dan tentu terdengar kesannya jadi berbeda.

  1. Ekspresif

Ketika ada penekanan nada untuk meyakinkan pendengar gunakan ekspresi yang membuat orang lain langsung mengerti apa makna yang kita sampaikan. Contoh:

  • SAYA percaya dan yakin, kita mampu berkomunikasi yang efektif dan produktif saat terus berlatih.
  • Saya percaya dan yakin, kita MAMPU berkomunikasi yang efektif dan produktif saat terus berlatih.
  • Saya percaya dan yakin, kita mampu berkomunikasi yang efektif dan produktif saat terus BERLATIH.

Berekspresi sesuai dengan kata-kata yang ingin kita beri tanda penekanan dalam setiap kalimatnya, akan membuat orang lain mengerti apa makna dan maksud yang kita sampaikan.

  1. Perbanyak membaca

Banyak buku yang membahas tentang bagaimana cara meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Salah satunya adalah ebook “7 Teknik Menjadikan Komunikasimu Semakin Produktif” yang bisa anda download GRATIS DISINI. Membahas bagaimana cara berkomunikasi yang baik sehingga meningkatkan karir dan bisnis anda.

Mungkin cara ini tidaklah instant untuk jadi mahir. Semua butuh proses dan dibutuhkan latihan dan praktik terus-menerus sehingga bisa meningkatkan kualitas kemampuan berkomunikasi. Karena dalam sudut pandang manajemen, pilar utama untuk meningkatkan karir dan bisnis adalah kemampuan berkomunikasi yang efektif dan produktif.

Ketika anda sudah semakin mahir cara berkomunikasi yang baik, bisa dibayangkan anda bukan hanya bagus dan keren, tapi juga bisa dikangenin orang.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>