Close

Self Development: Cara Sederhana Meningkatkan dan Mengembangkan Otak Menjadi Lebih Segar

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang sibuk berkreasi, sibuk berproduksi, sibuk bekerja, namun tidak mempunyai waktu untuk mengembangkan diri. Sebetulnya ini harus dibalik. Mengembangkan diri harus diberi porsi yang cukup untuk setiap orang. Di samping dia berkarya, berkreasi, dan lain sebagainya agar “mesin” untuk berkarya yaitu manusianya juga tetap fit dan keep going.

Berikut cara-cara sederhana bagaimana mengembangkan diri disela-sela waktu yang sibuk dan terlalu produktif:

 

  1. Exercise

Berbagai literature menunjukkan banyak bergerak atau rajin berolahraga sangat powerful impactnya dalam pengembangan diri terhadap kekuatan otak dan jiwa kita. Minimal 15 menit saja berolahraga dalam 1 hari. Bisa beragam bentuknya, push up merupakan cara yang paling sederhana karena bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

  1. Meditasi

Riset dari penelitian Harvard university mengatakan bahwa orang yang bermeditasi atau duduk diam mengheningkan cipta atau rajin beribadah, itu terbukti lebih tenang dalam menghadapi hidup. Orang-orang yang rajin beribadah otaknya lebih berkembang.

Gerakan meditasi diluar negri seperti amerika dan eropa sekarang menjadi booming. Banyak orang yang kembali ke basic. Jika orang ingin mencari ketenangan jiwa dan motivasi yang tinggi cukup dengan meditasi 5 menit sehari. Bayangkan untuk yang muslim sudah memiliki gerakan meditasi mulai dari zaman dulu hingga sekarang tidak berubah, dan malah bermeditasi minimal 5 kali dalam sehari. Shalat subuh hingga isya.

  1. Pergi ke alam luar

Outdoor activities seperti ke hutan, sawah, laut, pantai, tambak ikan dsb. Melihat dan beraktifitas pada suasana-suasana alam yang membuat anda jadi lebih fresh serta baik untuk pengembangan otak. kalau terlalu lama duduk diam di dalam sebuah gedung itu bisa kena wall syndrome. Membuat kita mudah terkena penyakit seperti pusing, mudah lemes, karena terkumpul dalam dinding dan pandangan mata hanya tembok-tembok.

 

Justru sekarang ini, 3 cara sederhana di atas sudah terbukti merupakan dasar yang paling ampuh dalam meningkatkan karir dan bisnis seseorang maupun perusahaan. Bisnis atau perusahaan yang orang-orangnya dikategorikan “sehat” dalam fisik maupun jiwa adalah pemimpin yang memperhatikan 3 aspek aktifitas tersebut terhadap bawahannya.

Tentu 3 aspek aktifitas dasar yang mengembangkan otak menjadi lebih segar dilakukan berdasarkan kesadaran dari diri sendiri. Dampaknya akan jadi jauh lebih powerfull.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>