Close

Percayakah Anda Bahwa Manajemen Skill Dapat Menentukan Nasib?

“Karena saya bukan seorang manajer atau atasan, saya rasa manajemen skill nggak terlalu penting deh.”

NO! Pemikiran seperti itu yang kerap kali justru menghambat kesuksesan Anda. Kenapa? Karena meskipun Anda bukan atasan di sebuah perusahaan, bukan berarti Anda tidak perlu memahami manajemen skill. Setiap orang wajib mengetahuinya, karena siapa sangka ini ternyata dapat menuntun Anda menuju kesuksesan. Berikut adalah 5 keterampilan inti yang perlu dikembangkan:

  1. Keahlian teknikal

Artinya, Anda harus benar-benar memahami pekerjaan Anda secara detail. Misalnya, Anda bekerja di bagian ekspor, berarti Anda harus benar-benar memperdalam pemahaman dan ilmu di bidang tersebut jika memang Anda tidak mau posisi Anda mandek di situ-situ saja. Ajukan pertanyaan kepada senior jika memang ada hal yang tidak Anda ketahui. Tapi ingat, manfaatkan perangkat Google atau buku terlebih dahulu, jika memang masih kurang jelas, barulah bertanya. Dengan demikian Anda tidak akan terkesan malas.

  1. Keahlian hubungan manusia

Cara Anda dalam mengatur, memotivasi tim, berkomunikasi, atau menyampaikan sesuatu merupakan keahlian lain yang juga harus Anda kuasai. Bagaimana atasan akan menaikkan jabatan Anda, jika dalam mengatur satu tim saja belum mampu. Sementara seorang manajer harus mampu mengatur banyak tim. Tak hanya itu, kemampuan dalam berinteraksi dengan orang yang masih berkaitan dengan perusahaan pun harus Anda perbaiki, baik komunikasi face-to-face maupun virtual. Contohnya adalah mengirimkan email tanpa menggunakan judul, bahasa tidak profesional, atau bahkan tidak ada ucapan terima kasih dan salam hormat sebagai penutupnya. Ini adalah hal yang sangat sederhana dan dasar sekali. Tapi ketika Anda melakukannya, bersiap-siaplah untuk dicap tidak profesional.

  1. Keahlian konseptual

Di sini Anda harus mampu mengonsep sesuatu dengan terstruktur, rapi, dan tepat. Jadi, ketika mengeluarkan ide dan gagasan, Anda sudah memikirkannya secara matang di kepala sebelum mengeluarkannya. Ketika Anda sudah mampu melakukan ini, bersiaplah untuk diberikan kepercayaan oleh atasan dan mewujudkan ide tersebut.

  1. Keahlian pengambilan keputusan

Ini adalah keahlian untuk mengenali, mencermati, menganalisis, hingga mencari jalan keluar dari suatu masalah. Anda sangat diharapkan untuk berhati-hati dalam mencari jalan keluar dan mengambil keputusan. Berpikirlah secara matang sebelum memutuskan. Namun, Anda pun tidak boleh terlalu lama dalam mengambil keputusan, karena semua orang menunggu keputusan terbaik Anda.

  1. Keahlian mengatur waktu

Prioritaskan mana yang harus dikerjakan terlebih dulu supaya semua rencana kerja dapat terselesaikan tepat waktu. Lakukan segalanya dengan cepat, tepat, dan teliti. Bekerjalah secara efisien, supaya waktu Anda tidak akan terbuang percuma.

 

Jadi, apa sekarang Anda sudah paham mengapa manajemen skill harus diterapkan meskipun Anda belum menjadi seorang manajer? Intinya, Anda bisa mulai dari sekarang untuk mengembangkan 5 pokok keahlian di atas jika memang Anda ingin karier melejit. Learning by doing! Nah, kini setujukah Anda bahwa manajemen skill pasti berguna bagi karier Anda di masa depan?

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>