Close

Berikan Aku 10 Milenial, akan Kuguncangkan Dunia

Banyak orang menganggap pemuda sebagai pilar dari perubahan, sehingga tidak berlebihan ungkapan dari Bung Karno yang berbunyi,”Berikan aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia.”

Nah, demikian juga dengan generasi Milenial ini, ucapan “Berikan aku 10 Milenial, akan kuguncangkan dunia”, pastinya tak boleh dianggap obrolan tak berbobot pengisi waktu di warung kopi belaka.

Generasi Milenial tak Pernah Mati Gaya

Inilah alasannya kenapa Milenial tak pernah mati gaya.

  • Pengaruh Globalisasi dan Keterbukaan Semakin Cetar

Di era millenium ini, dengan adanya pengaruh globalisasi dan keterbukaan, milenial saat ini berkutat dengan sosial media yang mendunia dan membuat kreativitas kalangan muda Milenial ini lebih melesat. Kreativitas yang cukup powerful dan mempan untuk membuat generasi lain iri hati.

  • Media Sosial, Wadah Paling Pas Komunitas Milenial

Dengan potensi yang dimiliki, mereka akhirnya bisa menemukan serta menciptakan komunitas tersendiri, seperti komunitas jalan-jalan, fotografi, termasuk saling curhat bila sedang baper di media online.

  • Cerdas Berkreasi di Berbagai Media

Kalangan muda era Milenium ini juga cerdas berkreasi melalui berbagai media baik online maupun offline untuk mengkritisi kebijakan pemerintah. Banyak kiprah, karya, maupun prestasi yang menandakan kekuatan serta semangat mereka.

Oleh karenanya, inilah saatnya mengeksplorasi kemampuan diri sebagai generasi Milenial. Mereka tak pernah mati gaya untuk tetap kritis terhadap perubahan yang terjadi di sekitar secara kreatif.

Generasi Milenial dan Aspirasinya

Saatnya mengulik alasan apa yang menjadi aspirasi generasi Milenial ini sehingga mampu mengubah dunia? Mari kita sorot yang berikut ini, dan Anda pun akan segera memahami alasannya.

  • Generasi Milenial Seimbangkan Kehidupan

Milenial mementingkan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Ini tidak seperti generasi sebelumnya yang berkarir dan bekerja lebih dari 40 jam seminggu demi sebuah harapan agar bisa dipromosikan.

  • Generasi Milenial Inginkan Fleksibilitas

Milenial menginginkan fleksibilitas yang lebih besar, untuk mengatur jadwal mereka sendiri dan bekerja di luar kantor, tempat mereka dapat terhubung dengan dukungan teknologi.

  • Generasi Milenial Anggap Budaya Kerja yang Kondusif itu Penting

Milenial menganggap budaya kerja yang kohesif, kerjasama tim, dan kesempatan kerja yang menarik di seluruh dunia, penting terutama untuk kebahagiaan mereka di tempat kerja.

  • Generasi Milenial Kedepankan Kerja Sama Tim

Milennial memprioritaskan budaya kerja dan lingkungan kerja yang menekankan kerja sama tim. Mereka juga menghargai transparansi, yang berhubungan dengan keputusan karir mereka, kompensasi, serta manfaatnya.

Karakteristik Menjadi Trendsetter Dunia

Inilah karakteristik Milenial yang bisa menjadi trendsetter bahkan bagi generasi-generasi lainnya.

  • Menjadi Jemaah Medsos itu Wajib

Komunikasi generasi Milenial dilakukan melalui chatting di dunia maya, lewat akun profil dirinya, seperti Facebook, hingga WA dan Line. Akun media sosial ini menjadi tempat untuk aktualisasi diri. Jadi, hampir dipastikan Milenial memilikinya sebagai sarana berkomunikasi, berekspresi, serta beropini. Belakangan Milenial pun berjualan di medsos dan menghasilkan rejeki yang berlimpah.

  • Transaksi Cashless

Dengan kecanggihan teknologi, semakin memudahkan bagi Milenial untuk bertransaksi secara cashless. Hampir semua pembelian bisa dibayar menggunakan kartu. Belanja dan transportasi pun sudah menggunakan sistem e-money atau dengan kartu kredit, karena mereka anggap super duper efektif.

  • Inginkan Personal Branding

Mileanial merasa perlu menampilkan diri dan melakukan pencitraan dengan mengunggah foto yang kece badai atau video koleksi pribadi (kolpri) yang menarik atensi ke media sosial. Selain itu tentu saja karena mereka suka mendapatkan banyak komentar atau like dari teman-teman mereka.

  • Tak Suka Membaca Konvensional

Sebagian besar Milenial ini tidak terlalu suka membaca buku. Mereka lebih memilih mengunggah e-book. Berhubung semua serba digital dan online, Milenial menghabiskan waktunya untuk selalu online 24/7.

  • Netizen Beribu Wajah

Dengan banyaknya grup di media sosial, Milenial mencuri kesempatan menampilkan ‘wajah’ dan perilaku yang berbeda di dunia maya, dibandingkan dengan saat mereka berada di dunia nyata.

Nah, itulah generasi Milenial dengan berbagai gaya, aspirasi, dan karakteristik mereka yang telah terbukti cetar membahana menjadi trendsetter dunia. Dengan kiprah kalangan muda yang begitu mendominasi di era baru Millenium ini, kalimat “Berikan aku 10 milenial, akan kuguncangkan dunia”, pun kebenarannya tak terelakkan dan oleh karenanya menjadi sangat viral.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>