Close

Dunia Baru, Dunia Milenial

~Saat ini bila kita berbicara tentang Milenial, bukan hanya berbicara era kelahiran seseorang. Milenial adalah sebuah gaya hidup yang bisa melanda siapapun.~

Anda pernah mendengar tentang Millenials Wannabe? Milenial saat ini lebih dikenal sebagai sebuah budaya, virusnya menyebar ke kalangan berbagai usia. Milenial menjadi penentu status seseorang di masyarakat. Milenial sudah menjadi bagian dari lifestyle dan menjadi trendsetter. Mereka membentuk dunia baru, dunia milenial.

Siapapun dan berapapun usianya boleh merasa bangga jika memiliki gaya hidup seperti milenial. Generasi Milenial sendiri memang memiliki karakter yang berbeda dengan generasi sebelumnya (Gen-X dan Baby Boomers). Secara umum generasi milenial memiliki perilaku yang beda yaitu terbuka, tech-savvy, dan connected.

Dunia Baru, Dunia Milenial

Baiklah kita akan bedah analisa terhadap berbagai pekerjaan yang di-posting sepanjang tahun 2014 di freelancer.com, yang ternyata telah melibatkan hampir 80% profesional generasi Milenial, atau mereka yang berusia antara 20 hingga 35 tahun.

Kenyataannya, Milenial merupakan generasi KOENTJI dalam membentuk dan membangun dunia yang kita tempati saat ini (ehm). Coba lihat fakta-fakta yang bisa kita telisik berikut ini:

  • Teknologi baru dan media sosial berpengaruh sangat besar terhadap cara berkomunikasi, bekerja sama, dan bekerja. Jenjang karir tradisional segera menjadi masa lalu. Ini disebabkan dunia kerja saat ini mulai diisi oleh generasi Milenial.
  • Terobosan teknologi yang besar telah mengubah cara orang bekerja 5- 10 tahun mendatang secara total. Hampir 80% tenaga kerja mulai 2016 berasal dari generasi Milenial yang memiliki aspirasi nilai dan preferensi tersendiri tentang bagaimana, kapan dan di mana mereka berkolaborasi dan bekerja.
  • Hasil survei menunjukkan bahwa 83% dari generasi Milenial di Indonesia memiliki visi sebagai entrepreneur masa depan dan termasuk aspek yang mendorong perekonomian di tahun 2020.
  • Entrepreneurship dianggap sebagai cara untuk mengatasi pengangguran di kalangan muda. Generasi Milenial paling berani mengambil risiko dan menjadi entrepreneur dengan terkoneksi melalui internet.

Proyek Milenial yang Mengubah Dunia

Inilah data atas empat kategori proyek yang perkembangannya berada dalam empat area yang berpengaruh banyak dalam kehidupan kita setiap hari.

  • Proyek Engineering meningkat dengan sangat tajam sepanjang tahun 2014. Di antaranya adalah Civil Engineering, yang bersentuhan dengan design, dan konstruksi, Building Architecture diikuti dengan Mechanical Engineering, serta CAD/CAM Design.
  • Bisnis Employer-Entrepreneur dan UKM, yang berkaitan dengan e-Commerce meningkat sepanjang tahun 2014. Marketing dan design juga populer.
  • Furniture Design. Banyak orang ingin berekspresi memiliki rumah yang terlihat cozy agar betah di rumah. Bagian dari berekspresi ini adalah dengan menciptakan hal-hal unik. Oleh karenanya, Furniture design menjadi yang terpenting dari proyek terkait dengan rumah, diikuti Interior Design dan Home Design.
  • Media Sosial dan Konten. Media sosial dan konten seperti Pinterest sangat mendominasi. Platform media sosial meroket di posisi terdepan. Creative design dan Creative writing mengalami kenaikan yang sangat fantastis. Jadi tidak mengherankan juga bila photography mengalami kenaikan yang mencengangkan.

Dari keempat proyek yang perkembangannya paling wow tersebut, terlihat bahwa generasi Milenial memiliki banyak cara mengubah dunia lewat pekerjaan mereka. Tahun-tahun mendatang disambut dengan harapan baru menjadikan dunia dipenuhi oleh Milenial yang kreatif, wew!

Nah sebagai penutup, bila mengikuti perkembangan dunia baru, dunia Milenial ini, sudah saatnya bagi para pelaku bisnis untuk menambahkan dan melibatkan Milenial sebagai sumber daya serta target pasar mereka. Ini bila mereka ingin bisnis mereka ‘menetas jadi telur’.

Melewatkan mereka dalam bisnis, sama saja membuat perusahaan Anda jalan di tempat atau Anda merasa jalan namun tidak maju-maju. Ini karena Anda kehilangan pelaku serta pangsa pasar terpenting dan terbesar abad ini, nah! So, Millenials Wannabe is not just bullshit, right?

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>