Close

5 Cara Cetar Membangun Tim Milenial

Tim Milenial memang unik dan memiliki karakter yang susah-susah gampang. Tentunya bagi Anda, para manajer yang punya ‘misi’ untuk membuat Team Building, perlu mengintip cara membangun tim milenial yang cetar agar hasilnya mampu membuat kinerja perusahaan melejit dan powerful.

So Anda harus ‘cerdas’ berinovasi membuat ide yang bisa menginspirasi tim Milenial. Tugas ini memang masih menjadi lahan riset yang terus berkelanjutan. Mari kita ulik dengan renyah aktivitas apa yang sekiranya baru dan tidak dianggap so yesterday oleh Milenial dalam membangun tim bagi mereka.

  1. Menjatuhkan Telur atau “Egg Drop”

Aktivitas yang berkaitan dengan berpikir kritis ini, bisa membuat Milenial lebih kreatif saat bekerja bersama mencapai tujuan. Aktivitas Team Building dengan “menjatuhkan telur” ini, memberikan tugas pada setiap tim agar mencari cara untuk melindungi telur saat jatuh dari ketinggian.

Saat tim bekerja bersama, sebagai manajer Anda harus melihat siapa yang memiliki peran dalam grup. Ini sebagai cara yang tepat untuk melihat dengan akurat, kebiasaan kerja yang sebenarnya dari karyawan.

  1. Dua Benar Satu Bohong

Apakah Anda pernah membawa sejumlah karyawan dalam sebuah tim, dan mereka datang dari departemen lain atau bahkan dari luar organisasi? Anda bisa membuat aktivitas permainan Team Building “Dua benar dan satu bohong”. Ini menjadi cara terbaik bagi setiap karyawan untuk saling mengenal satu sama lain.

Masing-masing karyawan berdiri di depan anggota tim lain dan menyampaikan 3 pernyataan tentang diri mereka, dua di antaranya benar dan satu lagi bohong. Anggota tim lain harus menebak pernyataan yang tidak benar tersebut. Aktivitas ini menciptakan suasana yang hidup dan menyenangkan, sambil saling mengenal kenyataan yang menarik dari masing-masing karyawan.

  1. Mencari Jejak

Ingin menciptakan sedikit kompetisi di kantor? Lakukan kegiatan “mencari jejak” bagi tim Anda agar suasana lebih bergairah. Buat tim Milenial dan biarkan mereka bekerja memecahkan teka-teki serta berbagai petunjuk.

Kegiatan mencari jejak ini bisa membuat para Milenial mampu mengembangkan skill komunikasi yang dibutuhkan secara efektif untuk bekerja bersama sebagai tim. Terlebih lagi mereka bisa melemaskan otot saat mencoba aktivitas ini.

  1. Bekerja Sukarela

Sepertinya tak ada yang lebih menggelitik bagi para Milenial selain diajak turut serta membuat masyarakat menjadi lebih baik. Inilah alasan bekerja sukarela dalam komunitas menjadi cara membangun tim Milenial yang menarik.

Milenial memang selalu “bergairah” bila terkait masalah lingkungan dan sosial, karena selalu ada kesempatan terbuka untuk bekerja secara sukarela. Agar lebih menarik, ajak tim bergabung dan tanyakan pemikiran mereka tentang jenis aktivitas sukarela apa yang sebaiknya dilakukan. Minta mereka untuk menyampaikan tujuan yang sesuai dengan kesukaan mereka.

  1. Malam Karaoke

Coba beristirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan dan berbagai rapat dengan mengajak tim untuk bersenang-senang. Minta Milenial ini untuk berdiri di depan rekan-rekan mereka dan bernyanyi. Anda tinggal menyewa peralatan karaoke di siang hari selama beberapa jam di kantor. Bisa juga mengajak tim pergi ke karaoke setelah jam kerja.

Kegiatan ini memang tidak memerlukan tukar pikiran dan keterampilan pemecahan masalah seperti halnya aktivitas Team Building lain. Namun bisa menciptakan ikatan yang lebih dalam antar anggota tim.

Jadi bagaimana menurut Anda aktivitas Team Building bersama karyawan Milenial ini? Cukup efektif bukan sebagai cara membangun tim milenial yang lebih baik?

Ini karena semua kegiatan tersebut adalah aktivitas pilihan Team Building yang dapat memperkuat persaingan yang sehat, meningkatkan kepuasan karyawan, dan membantu membangun suasana tim dengan kegiatan yang fun dan terutama tidak soo yesterday.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>