Close

Bagaimana Cara Mengatakan ‘Tidak’ dengan Cara yang Elegan

KarenaYesitu Bukan Sebuah Pilihan..

Dihadapkan pada sebuah tawaran tugas baru, tanggung jawab lebih, maupun promosi baru di tempat kerja, terkadang membuat Anda tidak mampu untuk menolak dengan berbagai alasan.

Apalagi Anda sangat menyukai pekerjaan Anda, namun waktu Anda tak memungkinkan lagi. Namun sekali-kali Anda bisa menolaknya, tanpa menyinggung orang lain di lingkungan kerja.

Anda ingin mengatakan bahwa Anda tidak berminat atau terlalu sibuk. Bekerja lembur hingga malam hari, juga tak menarik minat Anda.

Namun jangan lupa cara mengatakan tidak di tempat kerja, juga bisa menentukan efek penolakan Anda.

Tentunya sangat berbeda bila Anda menjawab, “Tidak, tawaran itu enggak banget.” Dibandingkan kalimat ini,” Tidak, saya memiliki pendekatan yang lain.”

Nah, bagaimana cara mengatakan tidak di tempat kerja ini, sehingga tidak mengganggu karier Anda atau membuat Anda merasa bersalah?

  1. Menawarkan Alternatif

Saat mengatakan tidak, tawarkan sebuah alternatif jika Anda bisa memberikan kontribusi lain ataupun mengerjakan proyek tersebut di kemudian hari.

  1. KatakanNosecara Personal

Sampaikan penolakan Anda secara personal, karena nada bicara Anda bisa mewakili niat baik dan maksud Anda daripada bila Anda menyampaikannya lewat email. Buka obrolan dan anggap sebagai negosiasi dan diskusi opsi Anda.

  1. Hindari Detail

Bila Anda menyampaikan alasan penolakan Anda, dengan menyampaikan secara mendetail tugas Anda lengkap dengan kalender tugas, bisa-bisa Anda kehilangan kesempatan tawaran dan peluang tugas yang lebih menarik. Atau malah bos Anda akan mempersulit tugas Anda yang lain.

  1. Pertimbangkan Konsekuensinya

Pertimbangkan semua risiko dan manfaat dari setiap penolakan Anda secara personal dan profesional. Bila Anda termasuk staf yang senior mengatakan “ya” pada satu tugas baru,  bisa membawa Anda menuju jalan profesionalitas atau sebaliknya malah bisa membuat Anda stres.

  1. Tawarkan Bantuan

Katakan bahwa Anda sedang dalam proses menyelesaikan sebuah tugas dan tawarkan bantuan untuk proyek yang diajukan tersebut. Anda bisa menanyakan kapan proyek tersebut harus diselesaikan serta sampaikan dengan sesederhana mungkin.

  1. Anda Perlu Waktu untuk Mempertimbangkan Tawaran Tugas

Anda perlu waktu untuk mempertimbangkan jika tugas yang ditawarkan sesuai dengan ‘loading’ tugas Anda saat ini, serta berapa waktu yang  dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Intinya sebelum menjawab, ’yes’ pertimbangkan secara strategis manfaat yang bisa Anda peroleh dari tugas tersebut.

  1. Jangan Langsung Menjawab

Orang yang memberi tugas pada Anda tak akan melepas Anda. Namun jangan langsung menjawab saat itu juga. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah kondisi Anda dalam keadaan terbaik dan siap untuk menanggapi?

Saat terburuk untuk menanggapi sebuah tawaran proyek baru adalah saat Anda merasa lelah, sedang stres, atau tengah menyelesaikan tugas. Atau saat Anda begitu bergairah dengan topiknya, disaat seperti itulah biasanya terjadi Anda ditawari tugas baru!

Jadi jika Anda masih baru di perusahaan atau di awal karier biarkan mereka mengetahui bahwa Anda memikirkan pendekatan terbaik dan akan memberikan jawaban segera. Tentunya pemikiran Anda ini akan lebih dihargai.

Nah, itulah cara mengatakan tidak di tempat kerja, yang bisa Anda tempuh, saat menghadapi tawaran tugas baru di tempat kerja.

Bisa dikatakan tak ada ruginya 10 – 15 menit waktu yang Anda ambil, untuk memikirkan waktu seminggu, sebulan, bahkan setahun waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Bila perlu buatlah checklist prioritas, kesesuaian dengan kondisi Anda, manfaat jangka panjang, skop kerja, waktu yang dibutuhkan, hingga sumber yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Singkatnya, Anda berusaha membuang yang tidak “fit” serta tetap membantu setiap tawaran yang ada. Dengan begitu, Anda bisa menolong yang lain, sekaligus menjaga karier Anda tetap di jalurnya.

Bagaimana, apakah sekarang Anda lebih siap dan tahu cara mengatakan tidak di tempat kerja?

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>