Close

Kenapa Facebook menjadi Media Sosial yang Paling Bertahan Lama?

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern seperti saat ini, sepertinya tidak ada orang yang tak kenal dengan facebook sebagai salah satu media sosial mulai dari anak kecil hingga para orang tua pun mengenal media sosial tersebut. Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan minat terhadap media internet, bermunculan pula berbagai media sosial lain setelah kehadiran Facebook yang memiliki cukup banyak peminat pula namun ternyata belum berhasil menggeser posisi Facebook di peringkat atas jajaran media sosial terpopuler. Keberhasilan yang dicapai facebook sebagai salah satu jejaring sosial memang patut untuk diacungi jempol karena hingga sekarang bisa dibilang belum tertandingi. Di setiap tahunnya, pengguna aktif jejaring sosial ini semakin bertambah dan terus bertambah terlebih dengan adanya perangkat smartphone atau ponsel pintar yang semakin memudahkan bagi para pengguna dalam bermedia sosial.

Melihat keberhasilan yang telah dicapai Facebook hingga mampu bertahan sampai sekarang pastinya menimbulkan rasa penasaran dari banyak pihak untuk mengetahui alasan kenapa Facebook menjadi media sosial yang paling bertahan lama dibandingkan beberapa jejaring sosial lainnya yang juga tak kalah keren. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan jejaring sosial tersebut seperti untuk mengirim informasi, bertukar pesan, ataupun lainnya. Selain itu, melalui jejaring sosial tersebut, Anda juga bisa terhubung dengan banyak pengguna Facebook dengan hobi, kesukaan, aktivitas, ataupun lainnya dalam group yang sesuai keinginan Anda. Melihat kepopuleran yang berhasil diraih oleh jejaring sosial tersebut bahkan bisa bertahan lama hingga sekarang pastinya juga menimbulkan rasa penasaran dan ingin tahu dari banyak orang tentang apa sih kelebihan media sosial yang satu ini dibandingkan media sosial lainnya.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Facebook menjadi media sosial yang paling bertahan lama:

1. Penghilang Kebosanan

Pada dasarnya, setiap manusia merupakan makhluk sosial yang tidak akan mungkin bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan keberadaan orang lain untuk bisa bertahan hidup. Ada kalanya Anda menemukan moment yang membuat Anda merasa sangat jenuh dan bosan dengan apa yang Anda alami dari aktivitas ataupun rutinitas yang Anda jalani. Dalam kondisi yang demikian, Anda sepertinya membutuhkan hadirnya orang lain untuk menghilangkan kebosanan. Salah satu cara untuk bersosial dengan manusia lainnya yang mudah adalah dengan membuka Facebook. Anda bisa melihat berbagai status ataupun informasi yang dibagikan pengguna Facebook lainnya. Bahkan, ketika Anda memang membutuhkan teman untuk mengobrol, Anda bisa membuat sebuah obrolan dengan teman lain yang sedang online. Jarak yang jauh tidak akan terasa karena adanya media sosial tersebut. Dengan kegiatan sederhana tersebut, Anda bisa menghilangkan kebosanan ataupun kejenuhan yang Anda rasakan.

2. Media Promosi

Dengan semakin populernya bisnis secara online, keberadaan media sosial yang populer pun bisa menjadi pilihan yang cukup menarik sebagai media promosi. Demikian pula dengan Facebook yang sudah cukup lama dimanfaatkan sebagai media promosi. Berbagai cara bisa menjadi pilihan untuk memanfaatkan Facebook sebagai media promosi. Beberapa pengguna facebook ada yang merasa lebih nyaman untuk membagikan informasi ataupun mempromosikan produk atau jasa mereka langsung melalui beranda mereka. Sebagian lainnya membuatkan akun khusus untuk berbisnis ataupun membuka toko online di Facebook. Pengguna lainnya memilih untuk memanfaatkan Fans Page dari Facebook sebagai media untuk mempromosikan beragam produk ataupun jasa mereka. Bahkan, kini Facebook juga menyediakan Facebook Ads yang bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi bagi para pengguna Facebook. Keuntungan memanfaatkan Facebook sebagai media promosi adalah lebih hemat dan sederhana.

3. Link Langsung

Keunggulan lainnya dari Facebook sebagai salah satu media sosial yang cukup populer adalah adanya link langsung yang mana pengguna bisa memutar video secara langsung tanpa mengharuskan pengguna untuk mengunduh terlebih dahulu video tersebut ataupun mengarah langsung pada link. Hal ini berbeda dengan media sosial lainnya yang sebagian besar memang hanya memungkinkan proses pemutaran video secara langsung ketika pengguna menaruh tautan video yang akan dituju. Dengan adanya metode link langsung, hal ini pastinya akan semakin memudahkan bagi pengguna untuk memutar video yang ingin dilihat di Facebook.

4. Pembaharuan Tampilan

Tampilan Facebook pada awal kemunculannya dengan tampilan yang sekarang pastinya sudah jauh berbeda. pihak Facebook sangat menyadari bahwa perlu melakukan sejumlah inovasi terbaru untuk memperbaharui tampilan, menambahkan fitur, ataupun lainnya untuk membuat pengguna tidak bosan dan berpaling kepada jejaring sosial lainnya. Bila beberapa media sosial lain seringkali mendapatkan kritikan saat muncul sejumlah pembaharuan di berbagai aspek, pengguna Facebook justru mengapresiasi positif perubahan-perubahan yang dilakukan pihak pengelola karena memang dianggap sesuai dengan kebutuhan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan cukup kuat kenapa Facebook menjadi media sosial yang paling bertahan lama. Salah satu fitur yang membuat banyak orang menyukai jejaring sosial ini adalah adanya pengingat ulang tahun teman-teman pengguna Facebook lainnya. Anda bisa mengingat hari spesial orang-orang dekat Anda yang mungkin akan semakin memudahkan Anda untuk memberikan kejutan ataupun sekedar ucapan dan doa kecil untuk mereka.

Fitur lainnya yang juga bisa membuat banyak pengguna mau bertahan dalam memanfaatkan media sosial Facebook adalah fitur On This day yang bisa mengajak Anda untuk bernostalgia dengan menampilkan postingan lama di tanggal yang sama saat Anda membuka Facebook di masa sekarang. Ketika Anda melihat adanya postingan di masa lampau, Anda bisa mengingat sekilas apa yang Anda tulis, foto, ataupun lainnya untuk bernostalgia.

5. Daya Tarik

Meskipun memiliki banyak kompetitor dengan semakin banyaknya jejaring sosial lainnya, tak dapat dipungkiri bahwa Facebook memiliki daya tarik dan pesona tersendiri bagi pengguna internet. Banyak pengguna Facebook yang mencoba untuk lepas dari jejaring sosial ini seringkali menemukan kegagalan dalam usaha tersebut. sebagian mungkin bisa melepaskan Facebook selama beberapa waktu namun mereka akhirnya kembali mengunjungi media sosial yang fenomenal tersebut. Besarnya minat pengguna jejaring sosial ini pastinya bisa menjadi sebuah bukti bahwa jejaring sosial ini memang memiliki daya pikat yang luar biasa.

6. Informasi Luas

Popularitas yang dimiliki Facebook rupanya juga berpengaruh terhadap semakin luasnya informasi yang bisa diperoleh oleh pengguna. Akun pengguna Facebook seringkali dibutuhkan ketika Anda ingin mengakses informasi di berbagai website yang terhubung dengan Facebook. Melalui akun Facebook, Anda bisa melakukan pendaftaran website dengan lebih mudah dan sederhana ketika Anda memang membutuhkan informasi melalui website tersebut. Adanya koneksi ataupun keterkaitan facebook dengan banyak website bahkan aplikasi lainnya pastinya bisa menjadi sebuah bentuk pembuktian bahwa Facebook memang sangat layak untuk diperhitungkan. Hal ini pula bisa menjadi alasan yang sederhana kenapa Facebook menjadi media sosial yang paling bertahan lama dengan semakin banyak jumlah penggunanya dari waktu ke waktu.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>