Close

Lakukan Pekerjaan yang Kamu Cintai

Melakukan pekerjaan sejatinya memang sebuah kewajiban terlebih untuk Anda yang sudah berusia dewasa. Mencari penghidupan yang layak untuk diri sendiri dan menjadi pribadi yang mandiri terlepas dari orang tua adalah bukti nyata sebuah kesuksesan. Namun sayangnya, untuk generasi millennial hal tersebut terlihat cukup sulit. Benar begitu? Tidak perlu terburu-buru tersinggung ketika mendapatkan banyak stigma bahwa Anda yang lahir di tahun 1980 hingga tahun 2000 adalah deretan orang yang masuk dalam generasi bernama millennial. Tahun itu semua sudah mulai maju baik teknologi, pengetahuan, fasilitas dan ini berarti kehidupan Anda sudah jauh lebih dimudahkan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Hanya saja sayangnya kemudahan dan kemajuan yang ada kerap kali membuat para generai millennial ini menjadi pribadi yang salah jalan. Maksudnya apa ya? Begini, saat ini generasi millennial menjadi orang yang mendominasi. Dan sayangnya hobi mereka rata-rata sama yaitu mengeluarkan banyak uang untuk sebuah gengsi dan harga diri serta gaya hidup dalam lingkungan social. Rasa ingin diakui, rasa ingin dianggap mampu adalah hal yang sebenarnya baik namun cenderung membunuh Anda perlahan. Contohnya saja generasi millennial hobi mengeluarkan uang mahal hanya untuk satu cup kopi di pagi hari di gerai kopi ternama. Memang kenapa? Tidak masalah sebenarnya jika diikuti dengan hobi saving juga yang sama besarnya. Dan generasi ini suka belajar, suka bekerja dan mengumpulkan uang hanya untuk bersenang-senang. Wow sekali bukan?

Buruknya, generasi millennial agak sedikit kesulitan disaat mereka dihadapkan dengan lingkungan pekerjaan yang formal. Misalnya saja pekerjaan yang monoton yang cenderung membuat Anda merasa terpenjara. Anda lebih suka digaji dengan harga yang normal namun mendapatkan fasilitas traveling keliling Indonesia dan dunia dengan uang kantor. Dimana Anda bisa having fun sekaligus mendapatkan pengalaman baru dengan banyak orang, dibayar namun tetap mendapatkan label sedang melakukan pekerjaan dan perjalanan dinas. Super sekali bukan? Masuk akal sebenarnya hanya saja tidak semua pekerjaan bisa memberikan hal tersebut. Hasilnya, jika Anda bekerja diluar keinginan dan hasrat hanya membuat hasilnya menjadi tidak maksimal. Siapa yang rugi? Jelas Anda sendiri.

Oleh karena itu jika Anda memang salah satu dari generasi millennial pertimbangkan matang-matang ketika akan mencari dan menerima pekerjaan. Ingatlah bahwa diluar sana ada jutaan orang yang setiap kali mencari pekerjaan namun tidak seberuntung Anda. jangan sia-siakan itu semua hanya untuk kesenangan. Ada baiknya Anda mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion karena dengan begitu Anda tidak akan pernah merasa bosan sekalipun pekerjaan menumpuk bagaikan gunung tertinggi di dunia. Melakukan pekerjaan yang Anda cintai akan membuat Anda merasakan bahagia seterusnya. Pekerjaan tidak akan lagi menjadi beban dan dengan begitu rejeki juga akan bertambah lancar.

Ada beberapa ciri khas dari generasi millennial dalam melakukan pekerjaan seperti berpindah dari satu brand ke brand lainnya yang mana sedang trend atau hits, memilih dan hanya melakukan pekerjaan yang mereka sukai saja, berlama-lama mengakses social media bahkan hampir separuh dari waktu yang dimiliki setiap hari. Generasi millennial dianggap malas dalam pekerjaan dan sudah terlanjur tertempel stigma yang buruk di masyarakat terlebih di generasi sebelumnya. Benarkah begitu? Sebenarnya ada alasan yang sangat masuk akal kenapa generasi ini terlihat malas. Apakah memang Anda malas? Tentu saja hal itu tidak sepenuhnya benar bukan?

Alasan yang pertama adalah karena generasi millennial sudah tidak cocok dan tidak lagi bisa mengikuti gaya dan pola kerja yang sudah ketinggalan jaman atau terlihat sudah lama. Misalnya saja bekerja ke kantor harus dengan seragam yang membosankan, terlambat masuk kantor akan kena denda atau dihukum atau aturan yang tidak memperbolehkan karyawati mewarnai rambut dan kukunya. Jelas saja aturan seperti itu akan sangat membuat para generasi millennial ini kabur dengan segera. Untuk yang satu ini Anda pasti setuju bukan? Generasi millennial sangat membenci hal-hal yang terlihat konyol dan cenderung berlebihan karena tidak masuk akal.

Jika generasi millennial dipaksa bekerja di kantor dengan aturan super jadul seperti itu maka dijamin dalam waktu yang singkat mereka pasti akan mengundurkan diri. Generasi ini atau mungkin termasuk Anda, adalah produk instant dimana semua serba mudah, praktis dan cepat. Walaupun sebagai generasi yang suka berpikir namun tidak lantas bisa membuat Anda melakukan hal-hal yang terlihat terlalu bertele-tele atau tidak efisien. Seharusnya jika perusahaan berhadapan dengan generasi seperti ini yang perlu diperhatikan adalah produktivitas yang sudah berhasil mereka berikan untuk perusahaan dan bukan melihat hal-hal yang kurang begitu penting.

Generasi millennial terlihat tidak suka akan aturan karena cenderung memiliki sikap dan pemikiran serba keakuan. Benarkah begitu? Coba Anda perhatikan diri Anda kembali akan statement tersebut. Hal ini sebenarnya tidak lantas bisa dipandang sebagai sebuah hal yang negatif. Dalam dunia kerja, generasi millennial tidak hanya ingin sekedar melakukan pekerjaan yang terlihat monoton atau formalitas. Mereka ingin bisa mengeksplore diri lebih luas dan melakukan hal-hal yang bisa mengembangkan kemampuan lebih baik lagi. Hal ini sebenarnya merupakan sebuah kelebihan dari mereka yang lahir di tahun 1980 sampai tahun 2000 sebagai generasi millennial karena menjadi seseorang yang multitasking dan bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Mereka juga merupakan orang yang sangat fleksibel dan tidak kaku.

Tidak heran jika memang Anda adalah salah satu dari generasi millennial segera saja pilih pekerjaan yang memang Anda sukai, sesuai dengan passion dan berjalanlah disana semaksimal mungkin. Jangan lupa berikan penghargaan terhadap keberhasilan hidup namun tetap focus akan mimpi yang harus bisa Anda raih. Disiplin atas pengaturan keuangan harus Anda lakukan sehingga hasil dari pekerjaan impian Anda tidak lantas pergi begitu saja tanpa bekas dan jejak yang berarti. Walaupun mungkin Anda berpikir bahwa uang bukanlah segalanya namun tanpa adanya uang maka Anda pun tidak akan bisa bergaya maksimal bukan? Semua di dunia ini butuh uang, karena itu jadilah generasi millennial yang unggul.

Anda bisa mengembangkan bakat yang Anda miliki dengan tidak memaksakan bekerja di tempat yang memang tidak sesuai dengan diri Anda. pekerjaan yang dilakukan dengan hati yang bahagia akan berbuah manis dan menghasilkan sesuatu yang bernilai. Dengan begitu apa yang Anda miliki tentu saja akan menjadi sebuah hal yang Anda simpan seterusnya dalam memory dan ingatan Anda. Ingatlah juga bahwa bekerja tidak harus di perusahaan formal. Anda bisa berbisnis atau membangun usaha yang bisa lebih sukses dari mereka yang lainnya. Setiap generasi memiliki kelemahan dan kelebihan hanya saja karena saat ini generasi millennial terlihat mendominasi maka terkesan bahwa Anda adalah seseorang yang salah. Namun tentu saja hal itu tidak benar bukan?

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>