Close

Bagaimana Cara Membangun Masa Depan

Jika Anda saat ini berusia antara 18 hingga 37 tahun atau yang lahir di tahun 1980 hingga tahun 2000 maka Anda adalah generasi yang masuk dalam daftar generasi millennial. Banyak stigma yang beredar di masyarakat yang mengatakan bahwa generasi ini lebih cenderung bersikap malas dan juga terkesan masih sangat memegang prinsip keakuan. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menjadi generasi millennial yang sukses secara financial di masa depan maka harus pintar dan jeli dalam mengatur keuangan. Sifat buruk generasi millennial adalah karena cenderung memegang gaya hidup boros dan tidak memikirkan hal lainnya untuk hidupnya. Apa yang dimiliki saat ini ya untuk saat ini dan besok entah akan bagaimana.

Untuk itulah para generasi millennial harus bisa membangun masa depan dengan baik. Jika masa depan Anda tidak dipersiapkan dengan matang maka generasi ini akan mengalami kesulitan terlebih bagi Anda yang berprofesi sebagai pegawai dan setelah itu akan memasuki masa pensiun. Tanpa persiapan matang maka masa pensiun jelas tidak akan bisa Anda lewati dengan baik dan mudah. Mempersiapkan masa depan juga harus dari jauh hari, semuda dan secepat mungkin. Jangan sampai Anda menyesal dikemudian hari karena selalu foya-foya disaat muda namun disaat tua menderita. Disaat Anda tua beban hidup akan terasa berat karena Anda harus menanggung semuanya sendiri padahal saat sudah pensiun atau tidak bekerja maka penghasilan tidak akan sebesar dulu.

Berikut ini adalah beberapa cara yang Anda bisa lakukan agar bisa membangun masa depan dengan baik dan terencana:

  • Tetapkan tujuan dengan fleksibel

Buatlah mimpi atau tetapkan tujuan seperti misalnya memiliki rumah 3 buah, deposito 1 milyar atau lainnya yang nyata dengan jumlah yang jelas. Hal ini akan membantu Anda yang mudah tergoda terlebih godaan berbelanja bisa menjadi rem agar tujuan Anda bisa cepat tercapat dengan nyata. Tanpa menetapkan tujuan dan mimpi maka hidup Anda mungkin tidak akan ada pacuan dan semangat. Semua hanya akan berjalan begitu saja tanpa arah.

  • Belajar sekuat mungkin untuk bisa menahan diri

Selagi muda berlatihlah untuk bisa membedakan mana yang namanya keinginan dan mana yang namanya kebutuhan. Buang jauh-jauh keinginan untuk menuruti hawa nafsu yang jelas saja tidak ada batasnya. Jika Anda ingin sukses di masa depan maka uang yang seharusnya untuk menuruti keinginan bisa Anda alihkan untuk membeli kebutuhan. Dan disaat Anda membutuhkan sesuatu maka Anda harus bisa mengerem keinginan untuk membelanjakan uang untuk hal yang tidak penting. Untuk generasi millennial hal ini adalah hal yang sangat sulit. Namun jika Anda fokus pada tujuan yang sudah Anda buat tadi maka Anda akan kembali bersemangat.

  • Buat laporan keungan dan pemasukan pribadi

Mungkin hal ini terkesan klasik dan ketinggalan jaman namun dengan selalu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang Anda punya setiap hari maka Anda akan tahu kemana saja uang yang Anda punya Anda gunakan dan belanjakan. Hal ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang bisa mengukur sebuah pengeluaran dan lama kelamaan hidup Anda akan lebih teratur. catat dengan sejujurnya dalam buku khusus untuk laporan keuangan. Cantumkan setiap transaksi dengan detail sehingga tidak ada satu rupiahpun uang yang terlewatkan begitu saja. Mendisiplinkan diri sendiri terhadap keuangan dan menjadi seseorang yang sayang akan uang yang Anda miliki maka akan membuat Anda mendapatkan masa depan yang lebih baik dari saat ini.

  • Investasi

Ada beberapa hal yang tidak boleh terlewatkan demi masa depan yang cerah dan harus dilakukan sedini mungkin yaitu investasi. Investasi bisa berupa properti atau logam mulia yang nilainya setiap hari semakin naik tanpa batas maksimal. Kemudian jangan lupa investasikan juga dana yang Anda miliki untuk kesehatan Anda. setiap orang pasti sakit walaupun memang harapannya adalah selalu sehat namun berjaga-jaga adalah hal yang lebih baik mengingat biaya kesehatan sangatlah mahal saat ini. Pilih fasilitas kesehatan yang terbaik dan yang bisa mengcover biaya rumah sakit yang terbaik menurut Anda.

  • Buka rekening tabungan

Jangan lupa biasakan menyimpan uang di dalam rekening tabungan dan tidak membawa uang cash dalam jumlah yang banyak. Hal ini bisa menjadi batasan Anda dalam menggunakan uang. Bila perlu bagi rekening menjadi beberapa jenis yang berbeda misalnya untuk dana kesehatan, dana pensiun, untuk liburan dan tidak perlu diberikan kartu ATM yang mempermudah Anda. Dengan begitu uang yang sudah Anda simpan tidak akan terpakai ketika Anda sedang ingin belanja seperti biasanya. Kontrol seperti ini sangat penting apalagi jika Anda adalah termasuk pribadi yang boros dan terlalu gampang mengeluarkan uang.

Generasi millennial saat ini cukup membuat banyak orang menjadi was-was karena dikhawatirkan akan semakin sedikit yang bisa menjadi orang sukses. Kegemaran mereka hidup hedon atau dengan gaya yang tinggi membuat pengeluaran menjadi sangat banyak untuk kebutuhan dalam golongan konsumtif. Jika tidak dipergunakan dengan baik maka uang hasil jerih payah Anda tidak akan terkumpul. Bukankah Anda ingin menjadi orang sukses dengan rumah yang nyaman dan kendaraan idaman Anda? jika begitu perubahan harus dimulai dari diri Anda sendiri. Apa yang Anda cita-citakan dan Anda impikan harus bisa menjadi kenyataan.

Jika dimaksimalkan maka generasi millennial seharusnya bisa menjadi pribadi yang super karena mereka ini pada dasarnya adalah orang yang suka belajar. Dengan begitu seharusnya mereka bisa menjadi orang hebat dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Generasi millennial adalah yang akan menguasai dan menjadi harapan bagi bangsa ini karena itu semua harus bisa dimulai sejak dini semuda mungkin dengan cara yang baik dan benar. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh generasi ini adalah mereka gemar membangun bisnis dan usaha seperti online shop. Mereka senang mencari uang dengan cara yang mereka sukai dan mungkin kurang begitu cocok untuk pekerjaan formal yang terkesan mengekang.

Jika sudah memutuskan akan menjalankan bisnis maka pengaturan keuangan harus jauh lebih hati-hati lagi. Jangan sampai Anda menggabungkan uang pribadi dengan uang bisnis Anda karena hal itu hanya akan menggagalkan semuanya. Usaha keras Anda jangan sampai terbuang percuma karena Anda tidak bisa mengontrol emosi dan hawa nafsu yang terus menggoda Anda. Jadi, bagaimana? Menjadi generasi millennial tidak mudah bukan? Bagaimana masa depan Anda akan Anda pilih semua ada di dalam tangan Anda sendiri. Jika langkah sejak muda bisa Anda pilih dan jalani dengan baik maka semuanya juga akan berdampak baik namun jika Anda lebih memilih dengan gaya hidup gaul yang boros maka masa depan jelas tidak akan bahagia. Selamat memilih dan menentukan masa depan Anda sendiri.

2 Comments

  1. seandainya pelajaran semacam ini sudah diberikan sejak SD-SMP-SMA…
    wah jadi ingat buku LUNCH Money – inspiratif sekali untuk pendidikan bagi anak-anak SD … silahkan di googling

    salam

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>