Close

Bagaimana Orang Cerdas Menangani Orang yang Ngeyel?

Anda mungkin memiliki pertanyaan bagaimana orang Cerdas menangani orang yang sulit. Menghadapi orang yang ngeyel sepertinya akan cukup membuat makan hati rasanya. Orang ngeyel biasanya akan berupaya untuk menentang logika yang mana hal ini akan memberikan dampak negatif pada orang-orang yang ada di sekitarnya. Bahkan, tak sedikit pula orang yang ngeyel ini menemukan kepuasan tersendiri ketika mereka berhasil menciptakan kekacauan dalam kehidupan orang lain. Intinya, orang yang ngeyel bisa dimaknai sebagai orang yang menciptakan kompleksitas yang tidak perlu. Dan, keberadaan orang yang ngeyel ini bisa dijumpai di hampir semua lingkungan mulai lingkungan rumah, lingkungan bermasyarakat, lingkungan kerja, dan lainnya.

Anda tentu tak ingin mendapatkan tekanan dan menjadi stres di tempat kerja dengan kehadiran orang yang sulit tersebut. bagaimanapun orang yang sulit bisa menjadi sebuah masalah yang datang tak terduga dan memberikan Anda sebuah kejutan yang cukup merugikan. Bila Anda tak cerdas dalam menghadapi orang yang sulit, Anda akan memiliki respon stres yang cukup besar karena apapun yang dilakukan orang yang ngeyel bisa mendorong otak Anda ke dalam kondisi stres yang mana hal ini pastinya sebisa mungkin harus bisa dihindari. Anda sebaiknya memiliki kemampuan untuk mengelola emosi dan bisa tetap tenang di bawah tekanan yang mana hal ini akan memiliki keterkaitan langsung dengan kinerja Anda.

Seseorang dengan kinerja yang baik biasanya akan memiliki keterampilan untuk mengelola emosi mereka pada saat stres sehingga bisa menjadi tetap tenang dan terkendali. Dan, salah satu hal yang patut disyukuri dari orang-orang yang demikian adalah kemampuan mereka untuk menghadapi dan menetralisir orang yang sulit. Orang yang berkinerja baik memiliki kemampuan dan strategi yang telah diasah secara baik untuk diterapkan dalam menghadapi orang-orang yang sulit dalam kehidupan mereka. Salah satu cara untuk bisa menghadapi orang yang sulit secara efektif adalah dengan melakukan sebuah pendekatan yang memungkinkan Anda untuk bisa mengendalikan apa yang bisa Anda lakukan dan menghilangkan apa-apa yang tidak bisa Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda sebaiknya bisa memiliki kendali lebih dari apa yang Anda sadari. Ada banyak perilaku ataupun karakter dari orang yang sulit yang mungkin saja bisa Anda jumpai dalam lingkungan kehidupan Anda sehingga Anda sebaiknya juga memahami bagaimana orang cerdas menangani orang yang ngeyel dengan tepat.

  1. Hadapi dengan Bijak

Salah satu perilaku ataupun karakter dari orang yang ngeyel adalah mereka sangat senang mengeluh dan menentukan batas-batas dalam suatu masalah. Mereka juga memiliki kegagalan untuk bisa fokus pada solusi masalah tersebut. Dalam hal ini, mereka akan melakukan berbagai upaya supaya orang lain bisa bergabung dalam golongan mereka sehingga mereka bisa merasa lebih baik karena ternyata mereka tidak sendiri. Kebanyakan orang biasanya akan merasakan sebuah tekanan ketika menghadapi orang yang suka mengeluh karena mereka tidak ingin dianggap sebagai orang yang berlaku kasar dan tidak berperasaan. Namun, Anda sebaiknya memahami bahwa ada garis tipis antara bersikap simpatik dan masuk dalam lingkaran emosional negatif orang yang suka mengeluh tersebut.

Untuk menghadapi orang yang demikian, Anda hanya perlu menetapkan batasan bahkan bila perlu Anda menjauhkan diri dari mereka. Ketika menghadapi seseorang yang suka mengeluh, Anda bisa menemukan sebuah cara bagus untuk menghadapinya yaitu dengan bertanya tentang bagaimana niat mereka untuk memperbaiki suatu masalah. Degan cara ini, si pengeluh biasanya akan merasa lebih tenang untuk membicarakan apa yang dihadapi. Selain itu, Anda juga bisa mengarahkan pembicaraan ke arah yang lebih produktif sehingga si pengeluh bisa merasa bahwa mereka sebenarnya juga memiliki kemampuan untuk tidak hanya sekedar mengeluh.

  1. Selalu Berpikir Rasional

Karakter yang bisa Anda jumpai bagi orang yang ngeyel adalah sikap dan pemikiran mereka yang sangat tidak rasional. Perilaku mereka benar-benar memiliki pertentangan alasan yang bila Anda tanggapi akan membuat Anda menjadi stres. Menghadapi orang yang tidak rasional sebaiknya tidak dengan emosional karena hal ini akan membuat Anda semakin terjebak. Ketika seseorang berpikir semakin tidak rasional, hal ini seharusnya akan semakin memudahkan Anda untuk menghindari diri dari jebakan mereka. Saat menghadapi si tidak rasional tersebut, Anda sebaiknya tidak mencoba untuk mengalahkan mereka dalam permainan. Anda sebaiknya memilih untuk menjauhkan diri secara emosi dan melakukan pendekatan interaksi seolah mereka bagian dari proyek ilmiah. Intinya, ketika menghadapi si tidak rasional, Anda sebaiknya tidak perlu menanggapi kekacauan yang ditimbulkan dengan emosi.

  1. Menjaga Emosi tetap Stabil

Bila Anda sedang mencari cara tentang bagaimana orang cerdas menangani orang yang ngeyel, Anda mungkin akan menemukan bagaimana cara menghadapi seseorang yang memiliki emosi tidak stabil. Salah satu karakter orang yang ngeyel adalah mereka yang memiliki emosi tidak stabil. Untuk bisa menjaga jarak emosional, seseorang membutuhkan kesadaran. Anda tidak bisa menghentikan seseorang yang menyalakan tombol Anda ketika Anda sendiri tidak menyadari kapan hal tersebut terjadi. Anda sebaiknya memikirkan apakah orang yang mendekati Anda adalah seseorang yang memiliki mental tidak stabil atau bagaimana. Bila Anda menemukan diri bahwa Anda memiliki rekan kerja dengan pemikiran yang tergelincir dan mental yang tidak stabil, salah satu cara terbaik untuk menghadapi mereka adalah dengan hanya tersenyum dan mengangguk. Ketika Anda memang membutuhkan mereka untuk bisa berpikir lurus, lebih baik dalam hal ini Anda memberanikan diri untuk mengambil waktu dan merencanakan cara terbaik untuk melakukan hal tersebut.

  1. Tentukan Batasan

Anda mungkin juga bertemu dengan orang yang ngeyel lainnya yang mana mereka cenderung memilih untuk membuat batasan-batasan. Mereka melakukan hal ini karena mereka merasa tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol sebuah kekacauan. Ketika Anda mengungguli mereka dengan berada di posisi lebih atas, Anda akan mulai melihat bahwa perilaku mereka bisa lebih mudah diprediksi dan dimengerti sehingga Anda bisa membekali diri untuk berpikir rasional tentang kapan dan di mana sebaiknya Anda bekerja sama atau tidak dengan mereka. Ketika menghadapi orang yang demikian, Anda sebaiknya mempertahankan sikap Anda dengan menjaga batas-batas saat seseorag mencoba untuk mengganggu.

  1. Tak Mati dalam Berjuang

Orang yang cerdas pastinya mengetahui betapa pentingnya hidup untuk berjuang terutama ketika Anda berhadapan dengan orang yang ngeyel. Berhadapan dengan orang ngeyel seringkali menguras emosi dan tenaga yang tak ada artinya. Dalam hal ini, Anda sebaiknya bisa membaca dan menanggapi emosi Anda sebaik mungkin sehingga Anda bisa memilih pertempuran secara bijak dan berdiri di tanah Anda pada waktu yang tepat.

  1. Fokus Bukan pada Masalah tapi Solusi

Menghadapi masalah dan Anda terpaku pada masalah tersebut akan membuat Anda memperpanjang emosi negatif dan stres. Demikian pula ketika menghadapi orang-orang yang ngeyel dalam kehidupan Anda, Anda sebaiknya fokus pada tindakan untuk memperbaiki diri sendiri sehingga akan menciptakan rasa keberhasilan diri dan menghasilkan emosi positif. Menghadapi orang yang ngeyel sebaiknya berhenti untuk memikirkan betapa mereka mengganggu kehidupan Anda. Namun, Anda sebaiknya fokus pada bagaimana Anda bisa pergi dan menangani mereka. Dengan demikian, Anda bisa menemukan kontrol untuk mengendalikan emosi dan stres saat berinteraksi dengan mereka. Ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh tentang bagaimana orang cerdas menangani orang yang ngeyel.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>