Close

7 Hal yang Bisa Anda Pelajari Dari Founder Facebook, Meskipun Anda Sudah Sukses!

Jika anda belum tahu siapa Mark Zuckerberg, dia adalah pendiri dari social media platform terbesar di dunia, Facebook.  Dia menjadi inspirasi saya! Jarang sekali saya mengikuti berita tentang entrepreneur yang sukses tapi saat saat menonton pidato pria ini di Universitas Tsinghua di Beijing (ya, sepanjang sesi dalam bahasa Mandarin), .

Hal ini membuat saya kagum pada Zuckerberg,  yang lahir dan besar di Amerika, dan bahasa utamanya adalah bahasa Inggris. Dia tercatat menjadi salah  satu orang paling sukses di dunia, dan walaupun begitu ketenaran dan kesuksesannya tidak menghentikannya untuk terus semangat belajar. Inilah yang bisa kita pelajari darinya, meskipun kita memang sudah sukses atau kita berpikir demikian.

Bacalah tips hidup dari Zuckerberg di bawah ini untuk menginspirasi anda dan memperdalam tujuan anda meraih kesuksesan. Tips ini sudah memberi efek positif bagi saya. Enjoy!

  1. Make Reading A Habit

Di tahun 2015, Zuckerberg menantang dirinya sendiri “membaca sebuah buku baru setiap minggu – dengan menekankan pembelajaran tentang ragam kebudayaan, kepercayaan, sejarah, dan teknologi.” Dia melanjutkan bahwa dengan membaca memberi kepenuhan secara intelektual. Anda bisa mengeksplor sebuah topik dari buku-buku dan membenamkan diri anda sendiri lebih dari media apapun saat ini.

Saya sangat setuju akan pendapatnya. Saya pribadi sering mendapat inspirasi melalui membaca dan kadangkala, sebuah buku bagus mampu membuat saya berhenti dan bertanya-tanya tentang tujuan hidup saya sendiri. Jika anda belum menjadi pembaca yang konsisten, saya sarankan anda memulainya hari ini. Mulailah membaca buku, fiksi atau non-fiksi, buku apa saja yang menarik supaya anda mulai membaca dan biarkan perjalanan hebat anda dimulai!

  1. Learn A New Skill

“Orang yang berhenti belajar menjadi tua, baik di usia dua puluh atau delapan puluh tahun. Orang yang terus belajar tetap awet muda”

Salah satu atribut Mark Suckerberg yang paling dikagumi adalah sikapnya yang selalu ingin belajar, bahkan saat dia sudah menjadi milyuner. Pendiri Facebook ini mengambil tantangan belajar bahasa Mandarin, dan mengejutkan dunia memberikan pidato dengan lancar kepada sebuah grup mahasiswa di Beijing. Hal ini membuat Zuckerberg mampu mempengaruhi akademic negeri Cina dan komunitas komersil sebagai pemimpin dunia yang berpengaruh.

Walaupun tujuan anda bukan mempelajari bahasa baru, yang paling penting adalah terus belajar, dan selalu buka pikiran anda terhadap hal-hal yang belum anda ketahui. Jadi.. kemampuan baru apa yang ingin anda pelajari hari ini?

  1. Travel to Run, Run to Travel

Baru-baru ini saya mengikuti Mark Zuckerberg di Facebook page, dan saya perhatikan dia sangat berkomitmen dalam lifestyle yang aktif. Saat dia bepergian ke seluruh dunia, Zuckerberg berusaha untuk bangun pagi, dimanapun dia berada, dan mengajak seluruh tim berlari pagi menjelajahi area tersebut. Menurut Zuckerberg,”Itu adalah cara  yang baik untuk melihat kota sebelum hari menjadi sibuk, dan juga cara yang baik untuk bangun, berenergi dan menghilangkan jet lag.”

Traveling sangat baik untuk anda, namun jika anda menambahkan lari pagi ke rencana perjalanan anda, pasti perjalanan anda menjadi lebih bermakna. Olahraga meningkatkan kesehatan mental anda, membantu anda lebih sehat secara fisik, membangun kepercayaan diri anda, anda bisa mendapatkan pengalaman baru dan memberi anda kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang di seluruh dunia.

  1. Share Your Struggles

“Anda merasa penuh harapan saat anda akan memiliki seorang anak. Anda mulai membayangkan jadi seperti apa mereka nanti dan harapan akan masa depan mereka.  Anda mulai membuat rencana-rencana, lalu kemudian mereka pergi. Itu adalah pengalaman yang kesepian.” Saat Zuckerberg membagikan berita bahwa istrinya mengalami tiga kali keguguran selama ini dan akhirnya dia hamil kembali, pengumuman itu mendapatkan 350.000 likes dalam satu jam setelah dipasang.

Membagikan informasi penting dan pengalaman hidup bisa membuat sebuah perbedaan. Contohnya seperti hal diatas, Zuckerberg membagikan ceritanya dengan maksud hal itu bisa memberikan orang lain harapan atas apa yang ia rasakan dan mendorong orang lain membagikan pengalaman mereka masing-masing. Waktu anda membagikan kesulitan anda dengan orang lain, sebenarnya anda sedang membangun hubungan dengan orang lain. Dengan memperlihatkan kerapuhan dan “momen manusiawi” anda bisa mempererat hubungan anda dengan teman, keluarga, dan rekan kerja melampaui jabatan dan kesuksesan anda.

  1. Get Out Of Your Comfort Zone

Dengan menonton Mark Zuckerberg berbicara bahasa Mandarin kepada mahasiswa Cina menginspirasi secara pribadi—bukan hanya karena isi pidatonya, tapi pada kenyataan bahwa dia dengan berani berpidato dalam bahasa selain bahasa aslinya dan bahasa yang dia pelajari ketika dewasa.

Penelitian ilmiah secara luas sudah dilakukan akan seberapa pentingnya dan manfaat dari seseorang yang keluar dari zona nyaman. Dengan adanya rasa tidak nyaman, entah itu pilihan atau bukan, mampu mendorong kita mencapai tujuan-tujuan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Sama seperti belajar berjalan sebagai balita, anda akan terguling, jatuh dan merasa tidak nyaman sebelum menemukan kebahagiaan yang anda rasakan saat berjalan dan berlari. Perasaan tidak nyaman itu tidak bisa dihindari, terima perasaan itu setiap kali anda belajar hal yang baru!

  1. Give Back To The Society (Make An Impact)

Mahatma Gandhi pernah berkata,”Cara terbaik untuk menemukan diri anda sendiri adalah dengan melayani orang lain.” Penelitian baru-baru ini dari Dunn dan Norton menunjukkan bahwa cara yang paling memuaskan untuk menggunakan uang adalah dengan berinvestasi pada orang lain; tindakan ini membuat individu lebih sehat dan kaya.

Mungkin inilah sebabnya mengapa kebanyakan miliuner dunia berdedikasi mendermawankan kekayaan mereka (http://givingpledge.org/). Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan sudah berdonasi dengan menyumbangkan saham ke Silicon Valley Community Foundation, senilai $ 498.000.000 pada tahun 2012. Sebelumnya pada tahun 2015, mereka mendirikan sebuah sekolah yang juga menyediakan layanan kesehatan untuk semua mahasiswa dari lahir sampai lulus.

Apa yang akan anda berikan ke masyarakat dengan kekayaan anda?

  1. Make Time 

Kurangnya waktu (bebas) mungkin menjadi alasan untuk tidak melakukan apapun. Berikut ini observai yang menarik: menurut CNBC.com, salah satu hal penting yang dilakukan oleh Zuckerberg sehari-hari adalah menggunakan waktunya secara proaktif bukan reaktif. Intinya disini adalah membuat waktu, bukan menemukannya. Semuanya tentang prioritas. Jika alasannya adalah bisnis atau pekerjaan anda sehingga tidak bisa membuat waktu, maka anda perlu menyusun kembali sistem bisnis anda, atau bahkan menemukan pelatih bisnis untuk membantu anda.  Jangan lupa alasan mengapa anda ingin sukses – karena anda ingin memiliki waktu lebih untuk orang terkasih dan melakukan hal yang anda senangi, bukan karena anda ingin menghabiskan waktu bekerja lebih dalam sehari.

*Artikel ini merupakan karya dari Jourdan Kamal, founder maubelajarapa.com.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>