Close

Tubuhmu Akan Berterimakasih di Usia 50-an Nanti, Asal 7 Rutinitas Ini Nggak Pernah Kamu Lewatkan

Menginjak usia seperempat abad, seseorang biasanya sedang berkutat dengan segala macam kesibukan dan meniti jalan menuju masa depan. Baik dalam hal pendidikan, karier, maupun relasi. Nggak jarang, sulit bagi mereka untuk mengalihkan fokusnya pada masalah kesehatan. Memperhatikan asupan makanan, menjaga pola tidur, apalagi rutin berolahraga, menjadi hal yang kerap kali terabaikan.

Padahal, membiasakan diri untuk menjaga kesehatan tubuh perlu dimulai sejak masih muda. Karena semakin tua usia, maka kamu akan semakin terjebak dalam cara hidup yang lama. Akibatnya, kamu akan kesulitan untuk mengadopsi kebiasaan baru. Makanya, mumpung masih muda, kamu perlu membangun kebiasaan hidup sehat sebagai pondasi yang kokoh, agar kelak kamu tinggal menikmati hasil dan meneruskan kebiasaan tersebut saat menginjak usia 50-an kelak.

Melalui rutinitas yang bisa kamu lakukan mulai pagi hari ini, hidup sehat di usia lanjut bukan lagi di angan-angan. Yuk, mulai pratikkan sejak sekarang!

  1. Biasakan untuk sarapan di pagi hari. Selain memberikan energi untuk memulai hari baru, sarapan juga mampu mengendalikan berat badanmu

Tubuh kita memerlukan energi yang cukup untuk bisa beraktivitas. Energi ini tentunya berasal dari makanan yang kita konsumsi. Dengan sarapan, maka kebutuhan energi ini akan terpenuhi, setelah selama berjam-jam saat tidur tubuh nggak menerima asupan sama sekali.

Selain itu, sarapan juga dapat mengendalikan berat badan tubuh. Orang yang melewatkan sarapan cenderung akan lebih banyak makan di siang hari. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang memicu kegemukan.

Nah, supaya kamu nggak lagi skip sarapan, nggak ada salahnya kamu memberi asupan badanmu selain dengan nasi. Jika sejak dini kamu terbiasa untuk sarapan pagi, maka kelak di hari tua kamu akan selalu menerapkan kebiasaan sehat ini.

  1. Mengontrol pola makan yang sehat dan teratur. Perbanyak asupan kalsium dan vitamin D untuk kesehatan tulangmu

Makanan yang kamu konsumsi hari akan memengaruhi kesehatanmu di masa mendatang. Usahakan untuk menjaga pola makan yang sehat dan teratur setiap harinya. Penting bagimu untuk mengonsumsi asupan gizi yang seimbang untuk menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Perbanyak asupan kalsium dan vitamin D untuk mendukung proses pembentukan serta pemeliharaan tulang agar tetap kokoh sampai usia lanjut nanti. Tentu, selain mempertimbangkan asupan nutrisi yang seimbang, kamu juga harus patuhi jam makan agar tetap teratur.

  1. Pilihlah perawatan alami untuk kulit ketimbang kimia-kimiaan. Aplikasikan rutin di pagi hari dan menjelang tidur malam

Nggak hanya tubuh saja, memelihara kesehatan kulit pun sama pentingnya, terutama kulit wajah. Sayangnya, nggak banyak yang menyadari bahwa kulit wajah yang sehat, segar, dan awet muda di usia lanjut merupakan hasil kerja keras dan konsistensi perawatan wajah sejak usia muda. Salah satu cara memelihara kulit wajah adalah dengan menggunakan produk perawatan yang tersedia di pasaran.

Namun, alangkah baiknya jika digunakan sesuai kebutuhan saja. Selebihnya, kamu bisa manfaatkan bahan-bahan alami untuk menutrisi kulit wajahmu setiap harinya. Memang manfaatnya nggak bisa langsung terasa, butuh waktu dan ketelatenan untuk mendapatkan hasilnya. Namun setidaknya, kamu lebih diuntungkan dengan biaya yang murah, praktis, dan minim risiko ketimbang produk berbahan kimia.

  1. Sebagai aset penting yang menunjang masa depan, selalu pelihara kesehatan mata dengan nggak memaksakannya terlalu keras bekerja

Mata juga merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya sejak dini. Rutinlah mengonsumsi makanan yang bagus untuk memelihara kesehatan mata seperti wortel, bayam, telur, alpukat, salmon, dan sumber vitamin A lainnya.

Selain melalui asupan makanan, kamu juga perlu untuk melakukan relaksasi seperti senam mata, terapi kompres mata dengan air dingin, serta nggak memaksanya untuk terlalu keras bekerja. Segeralah beristirahat jika kamu mengalami mata lelah, ya!

  1. Nggak malas bergerak dan selalu menyempatkan diri untuk berolahraga. Dampaknya baik buat kesehatanmu juga, ‘kan?

Miris rasanya melihat anak muda zaman sekarang yang serba mager alias malas gerak. Ketersediaan teknologi menjadi salah satu pemicunya. Beli makan tinggal pesan antar, bahkan untuk bisa pergi ke tujuan yang nggak seberapa jauhnya dari rumah pun harus antar jemput.

Padahal, kurangnya pergerakan yang menjadi kebiasaan sejak muda, akan melemahkan kerja otot dan berdampak buruk saat usia lanjut. Setidaknya, lakukan peregangan sederhana setiap bangun tidur atau berjalan kaki sembari menghirup udara segar. Niscaya, kamu akan tetap aktif dan terhindar dari keluhan penyakit saat tua nanti.

  1. Otak juga butuh asupan untuk mencegah kepikunan di kemudian hari dengan melakukan beberapa kegiatan ini misalnya…

Otak sama seperti otot yang akan lebih kuat kinerjanya jika dilatih secara rutin. Selain mengonsumsi makanan yang baik untuk otak seperti omega-3, kamu juga bisa melakukan olahraga otak untuk merangsang kerja saraf. Lakukan hal-hal baru yang membuatmu tertantang, entah itu membaca, melukis, memasak, atau hal apapun yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Sesederhana curhat atau mendengarkan musik juga memiliki kontribusi yang sama untuk menjaga otak tetap aktif. Jika kamu terbiasa mengasah otak, maka kamu akan terhindar dari stres, mudah lupa bahkan kepikunan di usia tua.

  1. Nggak membiasakan diri untuk begadang dan menjaga pola tidur teratur demi usia yang lebih panjang

Sedikit orang yang menyadari bahwa tidur punya peranan penting untuk menjaga kesehatan fisik bahkan memperpanjang umur. Saat tidur, organ tubuh akan bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak, membuat pemulihan, menciptakan protein yang baik, dan masih banyak lagi manfaat lain yang akan dirasakan. Ketika kita cukup tidur, maka organisasi dalam tubuh akan berjalan lancar tanpa gangguan, sehingga terhindar dari berbagai penyakit, alhasil beroleh umur yang lebih panjang ketimbang mereka yang kurang tidur.

Mulai sekarang, mari biasakan peduli kesehatan dan jadikan itu sebagai gaya hidup. Karena manfaatnya nggak hanya kamu rasakan di masa sekarang saja, namun juga sebagai bekal menjalani tantangan kehidupan di masa tua. Kita perlu untuk menyadari bahwa sehat itu asik, dengan tetap menjaganya, maka impian untuk tetap bugar hingga kakek nenek pun sangat bisa diwujudkan.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>