Close

Inilah 4 Taktik Dalam Memperkuat Komunikasi Internal Bisnis Start Up

Di dalam membangun sebuah bisnis Startup dapat menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Komunikasi internal yang baik sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan terutama berkomunikasi dengan rekan kerja. Dengan berkomunikasi dengan baik, maka apa yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh orang lain dan sesuai dengan harapan.

  1. Meningkatkan komunikasi Internal

Di dalam dunia bisnis, kerusakan dalam bentuk apa pun bisa saja terjadi. Tetapi kerusakan tersebut bisa kita cegah dengan adanya komunikasi internal yang efektif. Sebab akibat dari komunikasi yang kurang jelas, tidak adanya tanggung jawab, kepemimpinan yang tidak pasti dan gangguan – gangguan lainnya bisa saja terjadi.

Menurut Shift Planning (Perusahaan pencipta software penjadwalan karyawan), adanya komunikasi internal yang efisien dapat meningkatkan produktivitas suatu bisnis Startup. Pesan yang disampaikan dengan sederhana dan jelas, dan menghilangkan jargon adalah salah satu bentuk komunikasi internal yang efisien.

Untuk itu, perlu kita ketahui apa – apa saja yang termasuk ke dalam teknik dalam memperkuat komunikasi internal di dalam bisnis startup. Berikut ini akan di jabarkan mengenai taktik dalam memperkuat komunikasi internal bisnis startup.

  1. Membuat Table Time/Deadline

Pembuatan table time atau deadline akan dapat memudahkan karyawan dalam menyelesaikan suatu tugas sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Sehingga mereka bisa lebih bertanggung jawab dengan tugas – tugas yang diberikan. Tentunya ini adalah hal yang sangat penting.

Buatlah tanggal jatuh tempo yang spesifik, sehingga kemungkinan – kemungkinan suatu pekerjaan diabaikan akan semakin kecil. Banyak tugas yang terkadang kita pikir tidak perlu dikerjakan atau tidak menjadi prioritas. Dengan dibuatnya pembagian tugas – tugas tertentu beserta dengan tanggal jatuh tempo atau deadline maka semua tugas dapat terealisasikan dengan baik.

  1. Sampaikan Tugas dengan Jelas

Seorang pemimpin bisa saja kurang jelas memberikan satu tugas kepada bawahannya. Seperti contohnya kurang fokus karena pekerjaan terlalu menumpuk atau memang kurang bisa berkomunikasi dengan jelas. Tentu hal ini bisa merugikan baik kepada si penyampai maupun pendengar. Pendengar akan mencari tahu apa yang dimaksud oleh si penyampai yang membuat banyak waktu tersita. Maka dari itu diharapkan selalu memberi suatu informasi dengan jelas dan memberi waktu untuk mengklarifikasi suatu tugas yang disampaikan.

Berikan juga kesempatan kepada karyawan untuk terbuka terhadap hal – hal yang mereka kurang mengerti. Sehingga anda dapat mengetahui apakah karyawan anda paham tentang apa yang anda sampaikan dan anda bisa tahu apakah anda memberikan tugas kepada orang yang tepat.

  1. Tidak Menggunakan Jargon

Jargon berarti kumpulan kata – kata khusus yang digunakan orang lain untuk memahaminya. Tidak semua orang mengerti apa dibalik jargon tersebut. Sehingga bagi beberapa orang hal ini menjadi sangat istimewa namun bisa juga disalah artikan. Jargon bisa membuang waktu bila anda menerapkannya di Startup anda.

Penyampaian informasi yang jelas dan ringkas bisa membuat anda lebih dihargai oleh tim anda. Tim anda juga akan mendapat produktivitas yang panjang. Untuk itu, ada baiknya anda meninjau bagaimana cara berkomunikasi anda selama ini. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan berkomunikasi dengan yang baik. Seperti tim anda lebih produktif, anda tidak stress karena komunikasi internal yang baik membuat anda menjadi lebih bahagia dan juga project Startup dapat selesai dengan waktu yang cepat.

Tentunya Anda dapat meningkatkan suatu produktifitas di dalam tim Anda dengan cara melakukan peninjauan ulang mengenai bagaimana cara untuk berkomunikasi yang akan dan sudah di lakukan selama ini. Sebab selain dapat menciptakan sebuah tim yang dapat bekerja lebih produktif, suatu komunikasi yang baik tentunya juga akan membuat mereka atau rekan – rekan di dalam tim Anda menjadi lebih bahagia, selain itu pula Anda pun tidak akan merasa stress serta projek startup Anda bersama dengan rekan – rekan Anda di dalam tim akan selesai dalam waktu yang lebih cepat dan juga dengan hasil yang memuaskan seluruh pihak terkait.

Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini buah karya dari Mba Nuraini Anitasari www.zahiraccounting.com

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>