Close

Mau Punya Usaha Sukses Dari Nol? Baca Baik-baik 5 Ancaman ini!

Kali ini saya akan membahas tentang tips usaha sukses dari nol tapi dari sisi yang berbeda, yaitu dari sisi “Ancaman Kebangkrutan Bisnis Akibat Persaingan yang Sengit”. Ngeri nggak?

Eits, jangan salah… Kalau Anda ingin
punya usaha sukses dari nol dan terus
berjalan, Anda harus mempersiapkan sejak dini bagaimana caranya mengatasi “penghancur-penghancur” bisnis yang satu ini. Contohnya, siapa yang nggak kenal merk dagang SONY. Anak kelahiran 80-an pasti tahu merk yang satu ini.

Sekarang, mana produk merk Sony yang masih bertahan di Indonesia? Semua hancur lebur dihajar para pesaingnya. Lha kalau merk besar saja bisa remuk, apalagi usaha-usaha kayak kita-kita ini? Lebih-lebih lagi kan?

So, biar usaha sukses dari nol Anda bisa terus berjalan, sekali lagi, sejak awal, perhatikan 5 hal di bawah ini. Ini bukan dari saya lho, ini dari om Michael E. Porter. Beliau jelas sangat berkompeten di bidang bisnis. Cek aja di google kalau nggak percaya.

Mari kita mulai !!

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #1 : Perhatikan Ancaman Pendatang Baru

Sekarang ini, hampir setiap sektor industri sangat mudah dimasuki oleh pendatang baru. Hal ini disebabkan karena kebijakan dari pemerintah serta kesepakatan dari negara- negara tetangga. Lihat aja toko retail macam Indomart atau Alfamart. Udah deh, toko kelontong banyak yang K.O. Sudah menghadapi persaingan dengan toko sejenis, eh pendatang baru yang lebih modern dan ganas datang. Habis sudah.

Dan repotnya, perkembangan teknologi yang begitu cepat sangat berpengaruh. Sekarang pendatang baru nggak harus berada pada lokasi usaha yang sama dengan kita. Bahasa gampangnya ngga harus buka cabang. Lihat betapa banyak orang yang membeli barang lewat internet! Istri saya saja kalau mau beli jilbab langsung ke marketplace Singapore, wkwkwkkwkw

Jadi, saat Anda merintis usaha sukses dari nol, cari tahu bagaimana cara Anda mengalahkan para pendatang baru tersebut. Bagaimana caranya? Ya dengan positioning serta diferensiasi yang tepat !!

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #2 : Kekuatan Tawar Menawar Pemasok

Setiap bisnis apapun jenis bisnisnya, pasti punya pemasok. Berita buruknya, sekarang para pemasok ini punya daya tawar yang tinggi. Kenapa? Karena mereka bisa langsung berkomunikasi dengan para pembeli langsung tanpa harus terhalang batas-batas teritorial suatu wilayah.

Mereka dengan mudahnya menawarkan dagangan mereka melalui internet sehingga mereka tidak takut kehilangan pembeli. Jadi repot buat kitanya jika sewaktu-waktu mereka “sewenang-wenang”. Solusinya, perbanyak pemasok (minimal 3), info tentang pemasok, supplier yang bagus, lengkap, murah dan terpercaya ada di sini, dan jadilah pengomset yang baik bagi mereka. Baik dalam hal kuantiti dan juga baik dalam hal pembayaran. Otomatis kita akan jadi “anak emas” mereka, hehehe

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #3 : Kekuatan Tawar Menawar Pembeli

Selain pemasok, pembeli sekarang ini benar-benar menjadi raja. Mereka benar-benar mudah mendapatkan penjual yang menjajakan barang dagangan yang mereka butuhkan. Jelas, poin nomer 1, yaitu banyaknya pendatang baru membuat konsumen lebih dimanja.

Harga lebih murah, bonus lebih banyak, pembayaran lebih mudah adalah iming-iming yang bisa membuat seorang konsumen pergi begitu saja dari merk satu ke merk lainnya. Dulu, bapaknya teman saya kalau mau beli motor harus merk Y*MAHA.

Meskipun merk H*NDA menawarkan dengan segudang kelebihan, bapaknya teman saya tersebut tetap pada pendiriannya, “Kalau motor ya Y*MAHA!”. Saya juga sama.

So, Anda harus pandai dalam “menyelami” motivasi konsumen sehingga mereka klepek-klepek dengan penawaran Anda.

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #4 : Ancaman Produk Subtitusi

Yang satu ini, lagi-lagi karena perkembangan teknologi, barang subtitusi mudah dibuat. Bahkan tiruannya bisa terlihat sama persis dengan aslinya. Sudah begitu, konsumen bisa mendapatkannya dengan mudah. Apalagi kalau nggak lewat internet.

Saya aja kalau beli peluru pistol NERF (buat keponakan saya ya) pakai produk subtitusi. selisih harganya jauh banget. Satunya 250 ribu dapat 36 biji, yang produk subtitusi 50 ribu dapat 50 biji, DUAAR! Lalu bagaimana cara mengatasi problem yang satu ini. Ya Anda harus bangun brand yang bagus buat produk Anda kemudian harganya dibuat terjangkau.

Agar Usaha Sukses dari Nol Berjalan Lancar #5 : Persaingan Dalam Industri

Persaingan atau kompetisi. Ya, dimana aja pasti yang namanya persaingan selalu hadir. Dan tidak bisa dipungkiri, banyak perusahaan rontok gara-gara tidak bisa berkompetisi. Tersingkir dari pertempuran. Repotnya, persaingan dewasa ini tidak hanya antar perusahaan dalam satu wilayah negara.

Persaingan sekarang bisa antar negara yang menyebabkan negara terlihat seperti “kampung kecil” yang dihuni oleh ratusan perusahaan yang siap menjajakan dagangannya.

Jadi, Setelah membaca ancaman-ancaman tadi, yakin Anda mau buka usaha sendiri dari NOL?

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>