Close

Opini: Perlukah Pendidikan yang Tinggi untuk Menjadi Pengusaha Sukses?

Semua orang pasti sepakat bahwa menuntut ilmu atau belajar adalah suatu keharusan agar kita tidak terjebak pada keterpurukan karena kebodohan. Orang yang bodoh adalah yang berhenti belajar. Tidak ada para ahli maupun wirausahawan sukses yang mengatakan bahwa belajar itu tidak penting. Cara atau metode menuntut ilmu sangat banyak, ada yang belajar langsung dari realitas kehidupan, belajar langsung dengan mentor, belajar di bangku sekolah, belajar dari kesalahan diri sendiri atau orang lain, dan lain sebagainya.

Begitu juga untuk menjadi wirausahawan sukses, berbagai cara terbentang untuk belajar menjadi wirausahawan sukses seperti yang disebutkan diatas. Yang sering menjadi kontroversi dan polemik adalah tentang apakah dengan mengeyam bangku sekolah yang semakin tinggi akan mempengaruhi kesuksesan mereka?. Bila kita kembali menilik kisah-kisah para wirausahawan sukses dengan pendidikan tinggi dan yang tidak, mungkin Anda juga akan cepat menyimpulkan bahwa hal tersebut bisa saja memiliki pengaruh namun bisa juga tidak. Mengapa demikian?

Banyak Pengusaha Sukses Yang Tidak Mengenyam Pendidikan Tinggi

Sudah banyak bukti wirausahawan sukses yang tidak mengenyam bangku sekolah tinggi. Ada yang karena tidak mampu bersekolah disebabkan ekonomi keluarga, ada yang di drop-out karena berbagai hal, ada juga yang memang akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah karena ingin memulai bisnis langsung. Bagi mereka, aksi nyata adalah yang terpenting. Mereka adalah orang-orang yang dididik lansung oleh keadaan. Tekad yang kuat, kenekatan, kecerdasan dalam berkreasi, dan kemauan belajar dari sekitar adalah modal utama mereka. Kepopuleran wirausahawan sukses yang tidak memiliki pendidikan tinggi telah memberi inspirasi dan motivasi bagi setiap orang yang ingin mencapai tujuan yang sama. Wirausahwan sukses tersebut adalah bukti bahwa kaya secara finansial tak perlu diraih dengan tingkat pendidikan tinggi. Banyak pendapat bahwa sistem pendidikan di sekolah atau universitas sering kali terlalu mementingkan otak kiri yang pada akhirnya melahirkan para pencari pekerjaan dan tidak memiliki keberanian untuk terjun ke dunia bisnis.

Banyak Juga Pengusaha Sukses Yang Mengenyam Pendidikan Tinggi

Namun disisi lain, banyak pula para wirausahawan sukses yang mengenyam pendidikan tinggi. Bagi mereka justru sekolah menjadi penting untuk belajar memperkaya ilmu. Persaingan yang sudah sedemikian ketat membuat mereka  merasa harus memiliki “Well educated” dan “action oriented”. Karena bagi mereka menjadi wirausahawan sukses masa kini tidak hanya dengan bermodal aksi-aksi nekat penuh keberanian dan lain sebagainya, tetapi juga harus diiringi dengan jiwa serta pikiran yang terdidik agar lebih tepat dalam pengambilan keputusan yang tepat. Dengan sekolah yang tinggi juga akan memberikan banyak jaringan terlebih bila aktif dalam bebagai organisasi.

Bagaimana dengan pendapat saya pribadi?

Hmmm.. Menurut saya untuk bisa bersaing 10-20 tahun yang akan datang, pengusaha harus berpendidikan tinggi. Kenapa? terutama di generasi Millennials banyak sekali wirausahawan dan wirausahawati yang rata-rata berpendidikan tinggi. Termasuk millennials anak-anak Chinese. Sekolah di luar negri, pulang ke Indonesia membangun bisnis, membuat start up, karena hasil belajar dan pengalamannya melihat negara luar yang kemudian di aplikasikan di Indonesia. Kemudian memanfaatkan relasi yang didapat dari pendidikan di luar negri.

So, Artikel ini dibuat teruntuk generasi Millennials. Tempuhlah pendidikan setinggi mungkin jika ingin bisa bersaing 10-20 tahun yang akan datang. Karena anak-anak muda (Millennials) Chinese rata-rata mereka berpendidikan tinggi. Jika tidak, habis dan ketinggalanlah kamu di 10-20 tahun yang akan datang.

Itu saran dari saya.. Tentu setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, kondisi yang dihadapi pun berbeda. Sehingga keputusan untuk berpendidikan tinggi atau tidak adalah pilihan masing-masing individu, namun tentunya harus diiringi pertimbangan yang matang, siap menerima konsekuensi, dan bertanggungjawab atas pilihannya. Banyak jalan menuju roma, begitu pula jalan untuk menjadi wirausahawan sukses. Hal yang sama ada pada wirausahawan sukses adalah jiwa pembelajar yang tiada pernah henti.

Write Your Comment

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>